Beginilah Cara Menyikat Gigi yang Benar! ≫ PakarGIGI.com!

Beginilah Cara Menyikat Gigi yang Benar!

Posted by PakarGIGI.com on Agustus 12, 2015

Apakah Anda termasuk orang yang rajin menyikat gigi setiap hari? Apakah yang Anda lakukan itu adalah cara menyikat gigi yang benar? Tulisan ini akan berisi tentang tips dan teknik menyikat gigi yang baik dan benar menurut beberapa ahli dan dokter gigi.
Beginilah Tips & Cara Menyikat Gigi yang Benar!

Teknik Menyikat Gigi yang Benar

  1. Untuk permukaan samping, sikat dengan gerakan maju mundur. Untuk gigi depan bagian bawah, sikat dari bawah ke atas, dan sebaliknya.
  2. Sikat gigi elektrik memiliki gerakan memutar, yang juga berfungsi untuk memijat gusi. Jika memakai sikat gigi biasa, lakukan juga gerakan memutar ini. Langkahnya sama dengan langkah di atas.
  3. Tak perlu terlalu keras menyikat gigi. Menyikat gigi dengan pelan justru membantu mengangkat sisa-sisa makanan di sela-sela gusi. Menyikat gigi secara pelan dianjurkan, khususnya pada malam hari sebelum tidur. Soalnya, kuman di sisa-sisa makanan akan terbuang habis, sementara jika menyikat gigi dilakukan dengan cepat, kuman malah tak akan terbuang.
  4. Mulut dan gigi dipakai untuk beraktivitas selama seharian penuh, entah untuk makan dan sebagainya. Pada malam hari, gigi dan mulut sebetulnya tidak bekerja. Oleh karena itu, menyikat gigi malam hari sebelum tidur sangat penting. karena sisa-sisa makanan di malam hari biasanya lebih banyak, ketimbang di pagi hari. Sementara menyikat gigi pagi hari tak perlu dilakukan lama-lama, karena mulut dan gigi sudah beristirahat semalaman, sehingga masih bersih.
  5. Sebaiknya memakai dental floss (benang gigi) untuk mengangkat sisa-sisa makanan. Sisa-sisa makanan ini bisa menimbulkan lubang di sela-sela gigi. Dan jika sudah muncul lubang, bisa menimbulkan penyakit gusi, karena gusi akan turun.
Baca juga :
1. Penyebab Gigi Kuning
2. Cara Menyikat Gigi Berbehel >> Sikat Gigi Behel

Cara Memilih Pasta Gigi / Odol yang Baik

Memilih odol ternyata juga tak bisa sembarangan sebab kandungan pasta gigi tidak semuanya bagus untuk kesehatan gigi dan mulut kita. Ingat, terlalu banyak busa juga tidak baik sebab banyaknya busa mengindikasikan terlalu banyaknya kandungan detergen dalam pasta gigi tersebut. Lalu pasta gigi / odol yang seperti apa yang bagus?
  1. Pilih odol yang mengandung cukup fluoride. Fluoride berfungsi untuk menjaga gigi agar tidak berlubang. Namun, anak-anak di bawah 3 tahun sebaiknya tidak memakai odol. Pasalnya, terlalu banyak fluoride justru tidak bagus dan membuat gigi lebih rapuh.
  2. Pilih odol yang busanya tidak terlalu banyak. Busa yang terlalu banyak menunjukkan bahwa kandungan deterjen di dalamnya juga banyak. Pendapat bahwa semakin banyak busa semakin baik, tentu tidak benar.
  3. Hindari langsung makan setelah menyikat gigi. Pasalnya, kadar asam mulut akan turun dan fluoride pun hilang, sehingga kuman akan masuk lagi. Makan sebaiknya 1 – 2 jam setelah menyikat gigi.
  4. Untuk menjaga kondisi gigi, setiap 6 bulan sekali anak sebaiknya dibawa ke dokter gigi untuk dilakukan topical fluoride (pelapisan gigi). Apalagi bagi anak anak yang malas menyikat gigi.
Baca juga : Cara Mencabut Gigi Sendiri

Jika yang Anda lakukan dalam menyikat gigi berbeda teknik menyikat gigi di atas, kami sarankan agar Anda mencobanya agar gigi Anda bisa lebih bersih dan lebih sehat. Dengan sehatnya gigi, maka Anda akan terhindar dari sakit gigi dan gigi berlubang. Semoga ulasan ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktekkan cara menyikat gigi yang benar dan menyehatkan.


Written by PakarGIGI.com
Beginilah Cara Menyikat Gigi yang Benar! Bahasan Beginilah Cara Menyikat Gigi yang Benar! yaitu : Apakah Anda termasuk orang yang rajin menyikat gigi setiap hari? Apakah yang Anda lakukan itu adalah cara menyikat gigi yang benar ? Tuli...
Published at Agustus 12, 2015, Updated at Agustus 12, 2015
Reviewed by dr. Suwandono on
Rating: 4.6