Cara Mencabut Gigi Sendiri ≫ PakarGIGI.com!

Cara Mencabut Gigi Sendiri

Posted by PakarGIGI.com on Agustus 09, 2015

Cara Mencabut Gigi

Berikut ini adalah tips bagaimana cara mencabut gigi dengan cara yang benar. Tips-tips ini akan dibagi menjadi 3 bagian yaitu : tips mencabut gigi sendiri secara umum, tips untuk mencabut gigi anak, dan tips untuk mencabut gigi orang dewasa. Harapannya, setelah Anda berhasil mencabut gigi sendiri, Anda bisa melakukan pengobatan di rumah yang tidak memenuhi persyaratan medis (tidak mencabut gigi di dokter). Karena biaya cabut gigi beragam, jadi hal tersebut akan kami bahas pada artikel selanjutnya.

Perlu diketahui bahwa mencabut gigi, atau yang disebut dengan ekstraksi gigi oleh dokter gigi bukanlah sesuatu yang dapat dilakukan tanpa latihan. Pada umumnya, Anda lebih disarankan untuk membiarkan gigi hingga terlepas sendiri, atau Anda bisa menjadwalkan pertemuan dengan dokter gigi Anda. Biasanya dokter gigi dengan tim yang cukup terlatih dengan alat-alat khusus akan lebih kompeten untuk mencabut gigi yang bermasalah dibandingkan mencabut sendiri di rumah.

Peringatan Sebelum Mencabut Gigi

  • Jika Anda mencurigai adanya infeksi, segera temui dokter gigi. Infeksi yang tidak diobati dan berlangsung lama dapat menimbulkan risiko kesehatan yang lebih besar.
  • Mencabut gigi sangat berbeda dari merawat gigi yang rusak atau patah, baik gigi susu maupun gigi permanen. Jika gigi anak Anda rusak akibat terbentur (atau jatuh) dan terlihat patah, jangan ikuti petunjuk diatas.
  • Jika Anda sudah dewasa dan memiliki gigi goyang, segera temui dokter gigi. Mereka dapat mengetahui penyebabnya dan memberikan nasihat mengenai resiko jika Anda mencabutnya sendiri.

Sebelum Anda mencabut Gigi, Anda harus memiliki alasan yang kuat dan benar kenapa gigi Anda ingin dicabut. Silakan baca artikel berikut :
1. Cara Mencabut Gigi Anak
2. Cara Mencabut Gigi Orang Dewasa

Mencabut Gigi dengan Menggoyang Gigi

Dengan menggunakan kasa goyangkan gigi perlahan ke depan dan ke belakang. Gerak-gerakkan gigi secara perlahan. Berikan orang tersebut sedikit kasa dan perintahkan untuk memegang kassa di atas gigi. Hal ini dapat dilakukan hanya jika gigi ditahan oleh jaringan gusi, tidak lagi ditahan oleh tulang manapun. Gigi pada keadaan ini dapat bergerak bebas pada hampir setiap arah dan dapat menyakitkan.
  • Goyangkan gigi ke depan dan ke belakang belakang perlahan. Kuncinya adalah menggerakkannya dengan perlahan.
  • Jika banyak darah yang keluar, pertimbangkan untuk tidak melanjutkannya. Banyak darah yang keluar biasanya merupakan tanda bahwa gigi belum siap untuk dicabut.
  • Tarik gigi secara perlahan namun pasti, sampai ligamen yang menghubungkan gigi dengan gusi rusak. Jika nyeri terlalu hebat atau darah banyak keluar, pikirkan untuk berhenti.
  • Selengkapnya Anda bisa membaca >> Mencabut Gigi Orang Dewasa

Mencabut Gigi dengan Apel

Buat orang tersebut menggigit apel. Menggigit apel dapat menjadi cara yang baik untuk mencabut gigi, terutama pada anak-anak. Cara ini lebih efektif dilakukan pada gigi bagian depan, bukan pada gigi belakang. Untuk selengkapnya, Anda bisa membaca >> Mencabut Gigi Anak.


Written by PakarGIGI.com
Cara Mencabut Gigi Sendiri Bahasan Cara Mencabut Gigi Sendiri yaitu : Berikut ini adalah tips bagaimana cara mencabut gigi dengan cara yang benar. Tips-tips ini akan dibagi menjadi 3 bagian yaitu : tips m...
Published at Agustus 09, 2015, Updated at Agustus 09, 2015
Reviewed by dr. Suwandono on
Rating: 4.6

1 komentar: