Cara Mencabut Gigi Anak Sendiri ≫ PakarGIGI.com!

Cara Mencabut Gigi Anak Sendiri

Posted by PakarGIGI.com on Agustus 09, 2015

Cara Mencabut Gigi Anak

Tips ini adalah panduan lanjutan dari artikel Cara Mencabut Gigi Sendiri. Pahami baik-baik tahapan-tahapan dibawah ini untuk mencabut gigi sendiri anak dengan benar sehingga pencabutan gigi tidak menimbulkan masalah yang serius. Untuk tips bagaimana mencabut gigi orang dewasa, Anda bisa membacanya di >> Cara Mencabut Gigi Orang Dewasa.

Biarkan Gigi Tanggal Secara Alami

Biarkan terjadi secara alami. Sebagian besar dokter dan dokter gigi akan menyarankan orangtua untuk tidak melakukan apa pun yang mempercepat proses alami. Gigi yang dicabut terlalu dini akan menghilangkan panduan bagi gigi yang akan tumbuh menggantikannya di tempat tersebut. Setiap anak akan mengatakan bahwa hal ini merupakan pilihan tidak perlu yang hanya menimbulkan nyeri.

Perhatikan gigi yang mulai goyang. Pastikan gigi dan daerah gusi di sekitarnya terlihat sehat dan bebas karies (bolong) serta infeksi. Jika gigi tersebut terkena karies atau mulai membusuk, mungkin akan dibutuhkan pembedahan di klinik gigi.

Sarankan Anak Untuk Menggoyang Gigi dengan Lidah

Anda boleh menyarankan anak Anda untuk menggoyangkan gigi, tapi hanya dengan menggunakan lidahnya. Tidak semua orangtua memilih untuk membolehkan anaknya menggoyangkan gigi, namun bagi yang membolehkan sebaiknya hanya meminta anaknya untuk “hanya” menggoyangkannya menggunakan lidah. Hal ini disebabkan oleh dua hal:
  • Menggoyangkan gigi dengan tangan dapat memasukkan bakteri dan kotoran ke dalam mulut, dan membuka jalan infeksi. Anak-anak sudah pasti bukan merupakan makhluk terbersih di dunia. Hal ini akan menyebabkan mereka memiliki kesehatan gigi yang buruk disamping kebersihan yang buruk.
  • Lidah umumnya lebih lembut daripada tangan. Anak-anak berisiko lebih tinggi untuk tidak sengaja mencabut gigi sebelum waktunya dengan menggunakan jari-jari. Menggoyangkan gigi menggunakan lidah menurunkan resiko karena lidah tidak dapat menjepit gigi seperti yang dilakukan oleh dua buah jari tangan.

Jika gigi tetap goyang namun tidak tanggal setelah dua sampai tiga bulan, temui dokter gigi. Dokter gigi akan memberikan bius lokal dan mencabut gigi dengan alat-alat yang sesuai.

Jika Gigi Tumbuh tidak Pada Tempatnya

Jika gigi baru tumbuh di lokasi yang tidak diharapkan, temui dokter gigi. Gigi permanen akan muncul di belakang gigi susu tersebut. Hal ini merupakan kondisi yang umum dan dapat diperbaiki. Selama dokter gigi mencabut gigi susu dan memberi gigi permanen ruangan yang cukup untuk bergeser ke tempat yang semestinya, hal ini tidak menjadi masalah.

Baca juga : Memasang Implan Gigi

Pasca Pencabutan Gigi

Cara Mencabut Gigi Anak - Setelah Gigi Dicabut

Beritahu anak anda bahwa setelah cabut gigi ia akan melihat sangat sedikit darah. Anak-anak yang menunggu waktu yang tepat bagi gigi susunya untuk tanggal (terkadang 2-3 bulan) akan melihat sangat sedikit darah. Jika menggoyangkan atau mencabut gigi menyebabkan darah keluar dalam jumlah banyak, mintalah anak Anda untuk berhenti menggoyangkan giginya. Gigi tersebut kemungkinan besar belum siap untuk dicabut, dan tidak boleh diganggu lebih jauh.

Jika gigi tanggal dengan sendirinya, tekankan kain kasa pada gusi tempat gigi tanggal tersebut. Perintahkan anak Anda untuk menggigit kasa degan lembut. Bekuan darah baru akan mulai terbentuk pada tempat gigi yang tanggal. Jika cekungan pada gusi tempat gigi tanggal kehilangan darah yang membeku, infeksi dapat terjadi. Kondisi ini disebut dry socket (alveolar osteitis) dan sering disertai bau mulut yang tidak sedap. Segera bawakan anak ke dokter gigi atau puskesma terdekat.


Written by PakarGIGI.com
Cara Mencabut Gigi Anak Sendiri Bahasan Cara Mencabut Gigi Anak Sendiri yaitu : Tips ini adalah panduan lanjutan dari artikel Cara Mencabut Gigi Sendiri . Pahami baik-baik tahapan-tahapan dibawah ini untuk mencabut...
Published at Agustus 09, 2015, Updated at Agustus 09, 2015
Reviewed by dr. Suwandono on
Rating: 4.6