Pemasangan Implan Gigi Sebagai Gigi Palsu ≫ PakarGIGI.com!

Pemasangan Implan Gigi Sebagai Gigi Palsu

Posted by PakarGIGI.com on Juli 13, 2015

Pemasangan Implan Gigi Sebagai Gigi Palsu

Implan gigi adalah gigi yang ditanam sebagai pengganti gigi asli. Implan gigi (implant gigi) umumnya terbuat dari titanium sehingga bisa menyatu dengan tulang dan berfungsi sebagai menyanggah gigi. Pernahkah Anda berpikir untuk memasang gigi baru sebagai pengganti dari gigi Anda yang sudah rusak? Kini teknologi dalam pergigian sudah berkembang dan bisa menjadi solusi bagi Anda sehingga Anda tak lagi ragu untuk tersenyum lebar dengan struktur gigi yang bagus. Teknologi atau metode yang bagus adalah pemasangan implan gigi.

Pada dasarnya implan gigi bukanlah hal baru, tapi penggunaan implan gigi sudah diperkenalkan sejak 1960an silam. Implan gigi berfungsi untuk mengganti akar gigi dengan bahan tiruan yang pada awalnya diprakarsai oleh Prof Per Ingvar Branemark asal Swedia. Branemark membuat implan gigi dari bahan titanimum sehingga bisa menyatu dengan tulang rahang dan berfungsi sebagai penopang gigi pasangan. Titanium yang dijadikan implan dimasukkan ke dalam tulang gusi.

Sejalan dengan perkembangan zaman, ada berbagai macam implan gigi yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi atau kemampuan dari pasien yang ingin memasang gigi.

Peroses Pemasangan Implan Gigi

Jika dibangdingkan dengan gigi palsu lainnya, implan gigi lebih kuat dan paten. Implan gigi bisa diibaratkan sebagai gigi palsu permanen dan hampir mirip dengan gigi aslinya. Oleh sebab itu, pemasangan implan gigi adalah solusi ketika Anda sudah kehilangan gigi hingga ke akarnya.

Biaya pemasangan implant gigi palsu murah
Kondisi setelah gigi dicabut dan dipasangi implant gigi

Implant gigi tidak hanya dipasang secara terpisah dan mandiri, akan tetapi implan juga bisa dipakai untuk memperkuat struktur gigi dan membuat gigi yang lain lebih kuat. Selain itu, pemasangan implant gigi juga bisa menjadi solusi untuk memperbaiki lapisan gusi karena kerusakan gigi. Ada beberapa jenis implant yang populer, yaitu implan yang menyerupai akar gigi yang disebut dengan istilah root shape implant dan implan satu keping yang disebut dengan one piece implant.

Baca juga : Menghilangkan Sakit Gigi Tanpa Buka Mulut!

Implan gigi tidak sama dengan gigi palsu. Implan gigi terdiri dari akar gigi yang terbuat dari titanium sebagai penopang untuk pemasangan mahkota gigi. Mahkota gigi umumnya terbuat dari porselen dan dilekatkan pada akar gigi tiruan tersebut. Pemasangan implant gigi tergantung kondisi pasien, yaitu tergantung pada kekuatan tulang bawah gusi. Terkadang proses pemasangan implan gigi dilakukan beberapa bulan atau beberapa hari setelah gigi asli dicabut.

Setelah implant ditanam pada pasien, pemasangan gigi akan dilakukan beberapa saat setelahnya tergantung pada kekuatan tulang di bawah gusi pasien. Jika pasien memiliki tulang gusi yang kuat, maka pemasangan gigi bisa segera dilakukan yang umum diistilahkan dengan immediate loading procedure. Di beberapa negara ada beberapa aturan dalam pemasangan implan gigi jika didasarkan pada waktu pemasangannya:
  • Implan yang dipasang segera setelah gigi dicabut
  • Penundaan pemasangan implan setelah gigi dicabut, umumnya selama 2 minggu hingga 3 bulan
  • Pemasangan implan 3 bulan setelah gigi dicabut
Harga implant gigi palsu untuk memasang implan gigi
Kondisi setelah pemasangan implan gigi
Pasien kadang tidak mau mengunngu lama untuk memasang implan setelah gigi dicabut, sehingga pemasangan implan dengan segera menjadi pilihan. Akan tetapi dokter akan tetap memastikan bahwa tulan gusi pasien cukup kuat untuk menopang implan gigi. Tapi jika ternyata tulang pasien tidak cukup kuat, maka hal tersebut sangat tidak disarankan. Sebab jika tulang gusi tidak kuat atau tipis, maka tulang tidak akan bisa menahan imlan gigi dan bisa rusak.

Jika tulang bawah gusi tidak kuat, maka sebagai solusi adalah pemasangan tulang sintetik yang diambil dari rahang atau pinggang pasien sebagai pengganti tulang gusi untuk menopang implan gigi yang akan dipasang pasien. Dengan demikian, tidak semua kasus pemasangan implan gigi bisa dilakukan segera setelah gigi dicabut. Kecuali gigi depan yang tidak membutuhkan kekuatan untuk menggigit.

Penanaman implan gigi tidak dibatasi, bahkan pasien bisa memasang 11 implan gigi dalam satu waktu, tentu jika kondisi pasien memungkinkan. Kekuatan implan gigi relatif sama dengan kekuatan gigi asli selama kita merawat gigi dengan baik. Plak gigi biasanya tidak mudah melekat karena bahan mahkota gigi terbuat dari porselen yang licin. Jadi jika hanya satu gigi yang ingin diganti, maka Anda bisa memasang satu gigi saja. Tapi jika gigi yang rusak banyak, misal setelah kecelakaan atau sebab lainnya, maka belum tentu bisa diatasi dengan implan gigi.

Baca juga :
1. Gigi Palsu Permanen 
2. Informasi & Harga Implant Gigi

Prosedur Pemasangan Implan

Awalnya dokter akan mendiagnosis secara penuh gigi Anda untuk mengetahui ukuran yang pas untuk gigi Anda. Hasil diagnosis ini akan mengetahui ukuran panjang implan yang akan dipasang. Panjang implan didasarkan pada panjang akar gigi yang akan diganti. Umumnya, akar gigi orang dewasa adalah sepanjang 15 mm dan lebar antara 3.3 mm hingga 6 mm.

Ketika pemasangan, pasien akan dibius dengan jenis bius lokal dan biasanya pemasangan implan akan selesai dalam waktu 10 menit. Proses pemasangan implan tidak menyakitkan. Ketika implan gigi sudah dipasang, maka implan akan dipasangi dengan alat yang berfungsi untuk menutup permukaan implan selama gigi atas atau mahkota gigi belum dipasang. Biasanya mahkota gigi akan dipasang di atas implan minimal akan dipasang setelah 2.5 bulan.


Written by PakarGIGI.com
Pemasangan Implan Gigi Sebagai Gigi Palsu Bahasan Pemasangan Implan Gigi Sebagai Gigi Palsu yaitu : Implan gigi adalah gigi yang ditanam sebagai pengganti gigi asli. Implan gigi ( implant gigi ) umumnya terbuat dari titanium sehingga ...
Published at Juli 13, 2015, Updated at Juli 13, 2015
Reviewed by dr. Suwandono on
Rating: 4.6