Finger Toothbrush : Sikat Gigi Bayi untuk Balita 0-12 Bulan ≫ PakarGIGI.com!

Finger Toothbrush : Sikat Gigi Bayi untuk Balita 0-12 Bulan

Posted by PakarGIGI.com on Mei 25, 2015

Apakah Anda berpikir bahwa sikat gigi bayi bentuknya harus sama dengan sikat giginya anak-anak dan dewasa? Tahukah Anda, apa itu finger toothbrush? Apa kelebihannya jika dibandingkan dengan sikat gigi biasa? Tulisan ini akan berisi tentang tooth brush serta tips dan cara menyikat dan mengajari bayi atau anak Anda menyikat giginya sendiri.

gambar Finger Toothbrush Sikat Gigi Bayi
Gambar cara membersihkan gigi bayi dengan finger toothbrush
Finger Toothbrush merupakan sikat yang bisa digunakan untuk menyikat gigi atau lidah khusus bayi. Sikat gigi bayi ini memiliki bulu sikat lembut dan didesain khusus dengan mengikuti jari tangan orang tua (ayah/ibu) sehingga mudah digunakan dan tidak mudah terjatuh. Selain untuk menyikat gigi atau lidah bayi, finger toothbrush tentu juga berfungsi untuk menjaga kulit bayi yang sangat lembut dan sangat sensitif. Alat ini juga aman ketika bersentuhan dengan gusi bayi.

Biasanya toothbrush terbuat dari bahan silicone yang super lembut dan nyaman ketika menyentuh lidah dan gusi bayi sehingga sikat tersebut tidak menyakiti bagian dalam mulutnya. Sikat ini mudah dibersihkan. Cara membersihkannya yaitu dengan merendamnya di dalam air yang mendidih. Dengan sikat gigi jari ini tersebut, bunda akan mudah merawat gigi si kecil yang baru tumbuh sekaligus untuk merangsang pertumbuhan giginya.

Kira-kira ada nggak alternatif lain selain finger toothbrush untuk membersihkan gigi dan menjaga kebersihan mulut bayi? Ada.

Baca juga :
1. Penting Ga sih Ngajari Bayi Menyikat Gigi?
2. Panduan Memilih Sikat Gigi Bayi.
3. Memilih Sikat Gigi untuk Gigi Berbehel >> Sikat Gigi Behel

Alternatif Selain Menggunakan Finger Toothbrush

Kami tegaskan lagi, perawatan gigi bayi yang baik adalah sejak erupsi gigi pertama. Bunda harus membiasakan diri untuk membersihkan gigi bayi dengan cara yang benar dan kudu telaten. Mengapa perawatan gigi bayi harus telaten? Sebab kelainan gigi dan penyakit gigi yang biasa terjadi pada anak itu dimulai sejak awal-awal pertumbuhan gigi. Kekeliruan dalam merawat gigi bayi akan berpengaruh pada proses pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan.

Oleh sebab itu, biasakanlah untuk membersihkan gigi bayi dengan cara yang benar sejak pertama kali gigi mulai tumbuh. Cara yang paling sederhana selain menggunakan finger toothbrush yaitu dengan menggunakan kain kasa. Kegiatan perawatan gigi biasanya dilakukan setelah bayi menyusu atau makan. Mari kita pelajari cara membersihkan dan merawat gigi bayi berdasarkan umur bayi.
Gambar cara membersihkan gusi mulut bayi dengan kasa - sikat gigi bayi
Gambar cara membersihkan mulut dan gusi bayi dengan kain kasa

Perawatan gigi untuk bayi usia 0–6 bulan (gigi belum tumbuh):

Pada usia ini, bisanya gigi bayi masih melum tumbuh. Jadi, bersihkan gusi bayi dengan kain kasa basah dua kali sehari. Paling tidak, lakukan pembersihan mulut bayi setelah minum susu pagi & malam sebelum tidur. Caranya, bungkuslah jari telunjuk ibu/ayah dengan kain kasa, lalu celupkan ke air matang yang sudah dingin. Buka mulut bayi, lalu usap gusi dan sela-selanya dengan kasa basah tersebut. Untuk melakukan pembersihan ini, posisi yang paling enak yaitu dengan memangku bayi dan mendekap kepalanya di dada. Pembersihan dan perawatan gigi bayi ini akan berpengaruh pada pertumbuhan gigi yang sehat dan optimal.

Baca juga : Sikat Gigi Bayi & Pentingnya Mengajari Si Kecil Menyikat Gigi

Perawatan gigi utn ukbayi usia > 7 bulan (gigi sedang tumbuh):

Ketika gigi mulai tumbuh, gigi dan gusi bayi dibersihkan dengan sikat gigi khusus bayi (seperti finger toothbrush) atau kain kasa basah. Lakukanlah pembersihan gigi setiap setelah makan pagi dan sebelum tidur. Bersihkan sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi dan batas antara gigi dan gusi dengan hati-hati. Usahakan agar bayi tidak tidur sambil minum susu dari botol susunya, kecuali botol susu diisi dengan air.

Jika bayi kehausan di luar jadwal minum susu, berilah air putih saja. Jika bayi sudah berumur satu tahun, mulailah periksakan gigi ke dokter. Dan ketika anak sudah mulai belajar berjalan, inilah waktu yang tepat mengajari anak untuk menyikat giginya sendiri. Caranya, orang tua berada di belakan anak sambil membantunya menyikat gigi. Jika perlu, siapkan cermin yang agak besar anak hati anak senang dan orang tua bisa sambil melihat hasilnya dari cermin.

Untuk masa-masa ini, gunakan pasta gigi khusus untuk anak dan sikat gigi yang juga khusus untuk anak-anak. Lakukan kebiasaan ini paling tidak dua kali sehari yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur di malam hari. Ketika gigi susu anak sudah tumbuh sehat, maka pertumbuhan gigi selanjutnya akan cenderung sehat pula. Pembiasaan menyikat gigi sejak dini akan mengajarkan anak mandiri dan secara tidak langsung mengurangi beban orang tua. Bukankah Anda ingin anak Anda rajin, bersih, dan tidak sakit gigi? Bukankah Anda tidak ingin selalu ngomel di pagi hari karena susahnya anak untuk menyikat gigi?

Baik, semoga tulisan ini bermanfaat dan semoga anak-anak kita menjadi anak yang sehat dan mandiri. Selamat mencari sikat gigi bayi yang cocok, selamat mencoba, dan selamat memulai pekan ini. :)


Written by PakarGIGI.com
Finger Toothbrush : Sikat Gigi Bayi untuk Balita 0-12 Bulan Bahasan Finger Toothbrush : Sikat Gigi Bayi untuk Balita 0-12 Bulan yaitu : Apakah Anda berpikir bahwa sikat gigi bayi bentuknya harus sama dengan sikat giginya anak-anak dan dewasa? Tahukah Anda, apa itu finger t...
Published at Mei 25, 2015, Updated at Mei 25, 2015
Reviewed by dr. Suwandono on
Rating: 4.6