Penting! Tips Memilih Sikat Gigi Bayi ≫ PakarGIGI.com!

Penting! Tips Memilih Sikat Gigi Bayi

Posted by PakarGIGI.com on Mei 23, 2015

Dalam memilih sikat gigi bayi, orang tua tidak bisa memilih sikat gigi sembarangan. Sebab struktur gigi bayi berbeda dengan struktur gigi anak-anak dan dewasa. Oleh sebab itu, memilih sikat gigi bayi kadang gampang-gampang susah juga bagi orang tua pemula. :)
Penting! Cara Memilih Sikat Gigi Bayi
Anak belajar menyikat gigi (Sumber: melindacare)

Sikat gigi untuk bayi tidak bisa sembarangan karena seperti yang sudah disampaikan di awal, struktur gigi bayi sangat berbeda dengan struktur gigi anak-anak. Begitu juga ukuran mulut, konstruksi gusi, dan kondisi diding kulit mulut yang belum sekuat kulit mulut anak-anak dan dewasa. Oleh sebab itu, penting sekali untuk memilih sikat gigi yang memang khusus untuk bayi. Sebenarnya, sikat gigi yang seperti apa yang cocok dan aman untuk bayi?

Baca juga : Ngajari Bayi Sikat Gigi? Pengting ga Sih?

Setidaknya ada beberapa parameter yang menjadi acuan dalam memilih sikat gigi untuk bayi, diantaranya:

Bahan Sikat Gigi

Sikat gigi yang baik untuk bayi adalah sikat gigi yang dibuat dengan bahan yang tidak berbahaya, khususnya bahan yang digunakan untuk membuat bulu sikat dan bagian kepala sikat gigi. Hal ini menjadi penting karena tingkat kehalusan bulu sikat dan material pada kepala sikat gigi akan bersinggungan langsung dengan kulit dan gusi bayi.

Kepala sikat yang baik biasanya lentur dan dapat ditekuk. Hal ini berfungsi agar mulut bayi dan gusi tidak lecet. Biasanya bahan untuk membuat sikat gigi yaitu silicon yang fleksibel dan tidak menimbulkan alergi pada mulut bayi dan mudah dibersihkan.

Baca juga : Obat Sakit Gigi Paling Ampuh

Bentuk Sikat Gigi

Memilih sikat gigi bayi tidak sama dengan memilih sikat gigi untuk orang dewasa. Pilihlah sikat dengan desain yang disukai buah hati. Misal, pemilihan warna, bentuk, atau hiasana gagang yang lucu dan membuat buah hati senang. Selain itu, pilihlah sikat gigi bayi dengan gagang yang terbuat dari karet dan tidak licin sehingga mudah dipegang oleh bayi. dengan demikian, bayi bisa memegang sikat dengan mudah sekaligus bisa belajar untuk menyikat gigi sendiri.

Selain dari sisi desainnya, usahakan agar tidak ada bagian sikat yang berbentuk lancip. Hal ini untuk menghindari agar ketika bayi bermain-main dengan sikat, misalnya menggigit atau memukul-memukulkannya, bayi tidak akan lecet, tergores, dan terluka. Kesimpulan berdasarkan beberapa paparan di atas, maka berikut ini adalah acuan singkat yang bisa dijadikan pedoman dalam memilih sikat gigi bayi.
  1. Pilihlah sikat gigi dengan brand yang terpercaya dan memiliki beberapa merk untuk tingkatan usia.
  2. Pilihlah sikat yang tekstur dan ukurannya sesuai usia bayi.
  3. Pilihlah sikat yang memiliki bulu yang sangat lembut untuk melindungi gusi dan mulut bayi.
  4. Pilihlah kepala sikat yang kecil dan tumpul agar tidak melukai mulut bayi dan bayi tidak tersedak.
  5. Pilihlah sikat gigi bayi yang mudah untuk digenggam dan tidak licin.
  6. Pastikan sikat gigi mempunyai pembatas dan grip pada pegangannya agar tangan tidak terpeleset saat memegang.

Baca juga :
Kenalkan, Finger Toothbrush, Sikat Gigi Jari untuk Membersihkan Gigi Bayi.

Yang kadang menjadi pertanyaan bagi sebagian orang tua adalah, sebenarnya kapan sih bayi boleh diajari menyikat gigi? Tentu ketika giginya sudah tumbuh dong.. :), hehe. Untuk bahasan tersebut, kita akan mengulasnya pada tulisan lain di dalam website ini. Silakan cari di bagian pencarian.


Written by PakarGIGI.com
Penting! Tips Memilih Sikat Gigi Bayi Bahasan Penting! Tips Memilih Sikat Gigi Bayi yaitu : Dalam memilih sikat gigi bayi , orang tua tidak bisa memilih sikat gigi sembarangan. Sebab struktur gigi bayi berbeda dengan struktur gig...
Published at Mei 23, 2015, Updated at Mei 23, 2015
Reviewed by dr. Suwandono on
Rating: 4.6