Hukum Gosok Gigi Saat Puasa ≫ PakarGIGI.com!

Hukum Gosok Gigi Saat Puasa

Posted by PakarGIGI.com on Mei 29, 2015

Kali ini kami akan membahas tentang hukum gosok gigi saat puasa menurut beberapa hadist dan pendapat dari para jumhur ulama. Kami berharap, tulisan ini akan memberikan manfaat bagi jita semua sehingga kita berpuasa lebih mantap dan tanpa ragu apakah gosok gigi saat puasa itu sunnah, boleh, atau malah dapat membatalkan puasa.
Hukum Gosok Gigi Saat Puasa - Hukum Sikat Gigi Saat Puasa
Gambar santri sedang menggosok gigi di bulan puasa
Sebelum membahas tentang hukum sikat gigi saat puasa, mari kita simak dulu hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad tentang sunnahnya menggosok gigi setiap kita berwudlu:

لَوْلاَ أَنَّ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ مَعَ كُل وُضُوءٍ
Seandainya Aku tidak memberatkan ummatku pastilah aku perintahkan mereka untuk menggosok gigi setiap berwudhu'. (HR. Ahmad)

Berdasarkan hadist di atas, sebenarnya menyikat gigi hukumnya sunnah. Hal itu disebabkan karena menyikat gigi merupakan hal yang fitrah bagi manusia untuk dilakukan, sehingga Rasululla SAW menganjurkan kita untuk senantiasa menyikat gigi demi kesehatan kita dan kenyamanan kita beribadah.

Baca juga : Hukum Berkumur & Menyikat Gigi Saat Puasa

Hadits Rasulullah SAW tersebut menyebutkan bila tidak memberatkan, sikat gigi diharuskan pada setiap kita wudhu'. Padahal, setidaknya kita sebagai umat muslim paling tidak minimal akan berwudlu sebanyak lima kali dalam sehari. Kenyataan tersebut mengindikasikan bahwa menyikat gigi itu sangat penting untuk dilakukan.

Hukum Gosok Gigi Saat Puasa


السِّوَاكُ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ وَمَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ
Menggosok gigi itu membuat mulut menjadi bersih dan membuat Allah menjadi ridha.(HR. An-Nasa'i)

Perlu kita pahami bahwa jumhur ulama (sebagian besar ulama) sepakat bahwa bersiwak (menggosok gigi) itu tidak membatalkan puasa. Akan tetapi menurut Imam Asy-Syafi'i, menggosok gigi hukumnya makruh jika telah melewati waktu zuhur hingga sore hari. Beliau memiliki alasan kuat atas pernyataan tersebut, yaitu hadist Nabi yang berbunyi:

لَخَلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللهِ مِنْ رِيْحِ الِمسْكِ

Bau mulut orang yang puasa lebih harum di sisi Allah dari aroma kesturi. (HR. Bukhari)

Dalam hal ini, yang menjadi acuan Imam Syafi'i adalah Allah, bukan manusia di sekitar kita. Jika kita menggosok gigi, maka bau mulut kita akan hilang. Secara otomatis (maaf) mulut kita tidak sewangi aroma kesturi di sisi Allah. Logika semacam ini tentu akan mudah dipahami oleh akal kita. Hanya saja, dalam kehidupan bermasyarakat kita tidak lepas dari orang lain. Ketika bulan puasa, andai mulut kita bau, orang muslim lainnya akan menganggap hal itu wajar sebab kita semua berpuasa dan otomatis bau mulut kita biasanya akan meningkat daripada hari-hari selain bulan puasa.

Oleh sebab itu, saran kami bersahurlah lebih cepat supaya ada jeda waktu untuk menggosok gigi. Bersihkan mulut dengan sebersih-bersihnya hingga sela-sela gigi. Sebab, jika ada makanan di sela-sela gigi, ketika siang makanan tersebut akan membusuk dan menyebabkan bau di dalam mulut kita. Tapi hal ini tidak akan berlaku jika Anda punya penyakit sinusitis atau penyakit yang dapat membuat mulut kita berbau.

Baca juga :
1. Cara Menghilangkan Bau Mulut
2. Tips Menyikat Gigi Selama Bulan Puasa

Jadi manfaatkan waktu pagi dan ketika shalat dhuhur untuk membersih mulut sebersih-bersihnya sehingga bau mulut kita berkurang. Lalu bagaimana dengan berkumur dan memasukkan air ke hidung, apakah itu juga dibolehkan atau malah membatalkan puasa?

Berkumur artinya memasukkan air ke dalam mulut untuk dibuang kembali, niatnya adalah untuk membersihkan mulut. Sedangkan memasukkan air ke dalam lubang hidung untuk dibuang kembali disebut dengan istinsyak, dan niatnya untuk membersihkan lubang hidung. Keduanya boleh dilakukan ketika berpuasa meskipun tidak ketika sedang berwudhu'. Akan tetapi tetap berhati-hati jangan sampai air yang kita masukkan ke mulut atau ke hidung tertelan atau masuk ke dalam tubuh, sebab akan membatalkan puasa.

Demikian ulasan singkat kami tentang hukum sikat gigi saat puasa, semoga puasa kita deterima Allah dan bisa berpuasa dengan maksimal. Jangan lupa untuk bersedekah saat berpuasa, sebab itu akan menambah pahala kita. Sedekah yang paling sederhana adalah membagikan informasi kepada orang lain yang belum memahami. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi amal bagi kita semua. Silakan dishare, siapa tahu masih ada yang belum tahu bagaimana hukum gosok gigi saat puasa! :)


Written by PakarGIGI.com
Hukum Gosok Gigi Saat Puasa Bahasan Hukum Gosok Gigi Saat Puasa yaitu : Kali ini kami akan membahas tentang hukum gosok gigi saat puasa menurut beberapa hadist dan pendapat dari para jumhur ulama. Kami berhara...
Published at Mei 29, 2015, Updated at Mei 29, 2015
Reviewed by dr. Suwandono on
Rating: 4.6