Cara Menghilangkan Bau Mulut PERMANEN! ≫ PakarGIGI.com!

Cara Menghilangkan Bau Mulut PERMANEN!

Posted by PakarGIGI.com on Mei 09, 2015

Tulisan ini tidak akan membahas tentang penyebab bau mulut secara mendetail atau nama-nama obat tradisional penghilang bau mulut, akan tetapi kami akan berbagi tentang beberapa tips dan cara menghilangkan bau mulut, baik karena gigi yang berlubang atau pun karena penyakit-penyakit yang ada di mulut.
Cara Menghilangkan Bau Mulut secara Permanen
Bau mulut kadang bikin malu dan nggak pede,, hehe
Baik, sekilas tentang penyebab bau mulut, bau mulut umumnya diakibatkan karena ada beberapa gigi yang berlubang, adanya karies gigi / plak gigi dan sisa makanan di sela-sela gigi, atau karena adanya penyakit pada saluran yang berhubungan langsung ke mulut, misal pengakit THT.

Dari beberapa penyakit tersebut, bau yang ada dimulut diakibatkan karena adanya aktifitas bakteri baik yang ada di sela-sela gigi, lubang gigi, maupun pada penyakit THT. Jika Anda memiliki beberapa gigi berlubang dan kurang sering dalam menyikat gigi, maka bisa jadi bau mulut Anda diakibatkan karena bakteri yang mengurai makanan di sela-sela gigi Anda. Oleh sebab itu, jika ingin bau mulut Anda hilang dengan permanen, maka mau tidak mau Anda harus menambal gigi Anda, mencabut gigi yang sudah membusuk.

Menambal Gigi atau Mencabut Gigi yang Membusuk

Ini merupakan cara permanen untuk menghilangkan bau mulut yang disebabkan karena gigi berlubang dan membusuk. Dengan asumsi bahwa Anda rajin menyikat gigi, maka permasalahan bau mulut Anda dipastikan akan berkurang hingga 85%. Kenapa? Karena bau mulut yang Anda derita disebabkan oleh sisa makanan yang tersisa dalam lubang gigi akan difermentasi oleh bakteri sehingga menghasilkan amonia dan asam. Ciri-cirinya, ketika mulut Anda sudah mulai berbau dan terasa asam, berarti ada sisa makanan dalam gigi Anda. Segeralah berkumur atau menyikat gigi.


Jika Anda tidak mau menambal atau mencabut gigi, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan dan pelan-pelan menjadikannya kebiasaan. Kenapa? Karena tips ini merupakan tips yang jika Anda jadikan kebiasaan, maka minimal akan mengurangi bau mulut Anda walaupun sifatnya sementara.

Bersihkan Kerak Gigi dan Karang Gigi

Jika Anda termasuk orang sibuk dan jarang menyikat gigi, maka Anda harus sering-sering membersihkan karang gigi. Karang gigi sangat efektif untuk menghambat sisa makanan, sehingga potensi untuk membuat mulut Anda berbau sangat besar. Dengan membersihkan karang gigi, maka sisa makanan di dalam mulut akan mudah dibersihkan. Silakan Anda berkonsultasi ke dokter gigi untuk melakukan ini. Biaya untuk membersihkan karang gigi masih relatif murah. Sekedar info, ketika karang gigi Anda sedang dibersihkan oleh dokter, Anda akan merasakan bau sangat tidak sedap. Tapi setelah proses pembersihan selesai, mulut Anda akan terasa lebih ringan dan segar. Buktikan!

Bersihkan dengan Benang Gigi Setelah Makan

Cara yang lebih terjangkau daripada menambal, mencabut, atau membersihkan gigi yaitu membiasakan diri untuk membersihkan gigi dengan benang gigi setelah makan. Ketika makan, pasti akan ada sisa makanan di sela-sela gigi. Jika Anda tidak sempat untuk membersihkannya dengan menyikat gigi, maka ambillah benang gigi atau benang jahit (lebih kuat jika menggunakan 2 atau 3 benang yang dipilin) untuk membersihkan sela-sela gigi.
Alat Cara Menghilangkan Bau Mulut secara Permanen
Alat untuk menepis bau mulut :D

Sediakan Air Putih

Setiap mulut Anda mulai terasa asam dan agak bau, minumlah air putih. Dengan meminum air putih, maka sifat asam pada mulut akan ternetralisir dan bercampur air. Jika Anda menelan air tersebut, maka bakteri dan asam akan ikut ke dalam percernaan dan membantu pencernaan di lambung dan usus. Tapi jika Anda hanya berkumur dan membuangnya, maka kuman dan asam tentu akan ikut keluar. Dengan berkurangnya bakteri dan asam dalam mulut, maka mulut kita akan lebih segar dan berkurang baunya.

Tips ini lumayan ampuh dan tentunya hanya bersifat sementara. Jika tidak mau menggunakan tips-tips yang di atas, maka Anda harus siap sedia dengan membawa air kemanapun Anda pergi.


Ngemut Permen Bukan Solusi!

Sekali waktu, mungkin permen bisa menjadi solusi untuk menghilangkan bau mulut. Hal ini relatif, tergantung permen apa yang kita makan. Misal yang kita makan adalah permen yang hanya mengandung gula, maka sebenarnya menghilangkan asam di mulut dan mengurangi bau mulutnya bukanlah permen itu sendiri, tapi air liur. Air liur yang disekresikan karena adanya makanan akan berfungsi seperti air, dia akan menyapu bakteri dan tertelan. Akan tetapi gula dalam permen akan menjadi bahan pesta selanjutnya oleh bakteri. Sehingga ketika permen sudah habis, maka mulut kita akan kembali bau.

Akan tetapi jika permen yang kita makan adalah permen yang berfungsi untuk membunuh bakteri, misal permen jahe (dengan catatan tanpa adanya gula), maka bakteri di dalam mulut akan ternetralisir dan 'mati'. Sehingga bau mulut dan asam akan berkurang karena terbawa oleh air liur, tapi jika ada sisa bakteri dan asam, maka bau mulut juga akan kembali berlanjut ketika permen yang kita makan sudah habis.

Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Pada tips sebelumnya kita telah menyinggung bahwa air liur bisa menggantikan fungsi air untuk mengurangi bau mulut (semoga air liurnya tidak marah karena kita singgung :D). Bahkan air liur juga berfungsi untuk membunuh bakteri. Oleh sebab itu, salah satu tips untuk mengurangi bau mulut secara alami adalah memperbanyak produksi air liur. Jadi, walaupun kita tidak sedang ngemut permen atau mengunyah makanan, air liur bisa diproduksi lebih banyak sehingga mulut kita tidak kering dan bisa digunakan untuk "menelan" bakteri dan asam di mulut. Hanya saja kalo produksi air liurnya berlebihan, kurang bagus juga, hehe.

Untuk memperbanyak produksi air liur, kita bisa mengkonsumsi buah dan sayuran lebih banyak. Salah satu buah yang disarankan adalah mentimun. Kita bisa saja mengkonsumsi buah yang memiliki kandungan air yang berlimpah seperti semangka. Akan tetapi kandungan gula dalam semangka juga bisa menjadi santapan bakteri penyebab bau mulut. Jadi, tidak harus mentimun. Silakan Anda memilih buah dan sayur yang Anda sukai, kemudian memperbanyak makan buah dan sayur tersebut.

Menghindari Minuman Manis, Beralkohol, dan Rokok (dan Kopi)

Untuk tips yang satu ini, kami tidak akan membahas terlalu banyak karena masalah ini cukup kompleks :D . Misal, bisa saja orang lebih memilih merokok daripada menghindari bau mulut. Atau, orang yang merokok biasanya membawa permen atau minuman untuk menetralisir bau mulut akibat rokok. Dan yang paling penting, sandingan rokok adalah kopi. Kata pepatah perokok, "jika merokok itu makan, maka minumnya adalah kopi."

Jadi, silakan Anda merokok dan minum kopi, tapi sediakan sesuatu untuk menetralisir bau mulut akibat aktifitas tersebut. Untuk minuman beralkohol, kami tidak menyarankan karena sebagian masyarakat menganggap minuman tersebut kurang baik untuk kesehatan dan dilarang agama (walaupun rokok juga begitu :) ). So, Anda lebih bijaksana dan lebih tahu tentang kebutuhan pribadi Anda. Jadi, mari berpikir sehat dan kurangi bau mulut kita :p.


Membersihkan Mulut Setelah Makan dan Setelah Mulut Beraktifitas

Ini tips terakhir dan tips pamungkas dari tulisan ini. Cara ini bisa dengan menggosok gigi setelah makan, berkumur baik dengan air biasa atau air pembersih mulut, atau membersihkan gigi dengan benang gigi. Aktifitas ini adalah akar dari seluruh permasalah di atas. Jika aktifitas ini dilakukan dengan baik, maka tentu Anda tidak perlu mencari informasi cara menghilang kan bau mulut bukan? :D

Dengan membersihkan gigi dan mulut secara teratur, maka kita bisa menghindari adanya karang gigi. Dengan bersihnya mulut dari karang gigi, maka gigi kita tentu tidak akan berlubang karena makan yang membusuk. Jika gigi kita bebas dari lubang dan karang gigi, maka mulut kita akan "terbebas" dari bakteri penyebab bau mulut. Dengan demikian napas kita akan selalu segar sepanjang hari.

Oleh sebab itu, jika kita sudah terlanjur mengalami ini semua, maka tugas kita adalah menasehati sanak saudara, adik, dan anak cucu kita untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Jika Anda termasuk orang bijak, maka Anda akan menjadikan diri Anda sebagai contoh gagal orang yang kurang memperhatikan kebersihan gigi dan mulut. Nasehati mereka agar tidak seperti Anda. Akhir kata, selamat berakhir pekan dan semoga permasalahan gigi Anda segera menemukan solusi. :)


Written by PakarGIGI.com
Cara Menghilangkan Bau Mulut PERMANEN! Bahasan Cara Menghilangkan Bau Mulut PERMANEN! yaitu : Tulisan ini tidak akan membahas tentang penyebab bau mulut secara mendetail atau nama-nama obat tradisional penghilang bau mulut , akan...
Published at Mei 09, 2015, Updated at Mei 09, 2015
Reviewed by dr. Suwandono on
Rating: 4.6