Benarkah Mencabut Gigi itu Berbahaya? ≫ PakarGIGI.com!

Benarkah Mencabut Gigi itu Berbahaya?

Posted by PakarGIGI.com on Mei 02, 2015

Sakit gigi itu tidak enak, apalagi kalau gigi sudah berlubang. Mungkin ada yang iseng bertanya, benarkah cabut gigi itu berbahaya dan bisa berakibat fatal? Bisa iya, bisa tidak.
apakah mencabut gigi berbahaya bagi ibu menyusui
Gambar mencabut gigi

Begini, secara prinsip mencabut gigi itu tidak berbahaya, artinya, mencabut gigi itu aman dan tidak apa-apa. Buktinya, setiap hari pasti ada yang mencabut gigi. Jika memang ada kasus cabut gigi dan efeknya fatal, bisa jadi sebenarnya orang tersebut memang memiliki penyakit tertentu. Dan ketika giginya dicabut, itu berpengaruh pada penyakit tersebut.

Perlu diketahui bahwa gigi memiliki tiga bagian, yaitu enamel (atau email), dentin, dan pulpa. Jika terjadi kerusakan pada enamel gigi, maka gigi kita masih bisa ditambal. Jika kerusakan gigi sudah mencapai dentin, maka kerusakan tersebut juga masih bisa ditangani dengan menambal gigi sebab dentin merupakan bagian gigi yang juga keras walaupun tingkat kekerasannya tidak sekeras enamel.

Akan tetapi apabila kerusakan gigi sudah mencapai pulpa, maka pasien juga harus melakukan perawatan saraf karena pada bagian pulpa terdapat saraf-saraf dan pembuluh darah. Jika gigi kita sudah berlubang hingga bagian pulpa, mungkin gigi kita akan sering sakit apabila termasuki makanan, dan bisa jadi akan mudah mengeluarkan darah. Walaupun gigi tinggal akar dan sudah mati, gigi masih bisa dipertahankan. Hal tersebut tentu akan memakan biaya yang cukup mahal.


Pasien dengan Penyakit Diabetes dan Darah Tinggi

Pada beberapa kasus, jika gigi tidak dicabut akan menyebabkan focal infection. Bakteri pada gigi yang sudah berlubang dan busuk bisa saja terbawa masuk melalui pembuluh darah ke dalam tubuh, seperti jantung, ginjal, dan organ-organ vital lainnya. Namun, gigi tidak boleh dicabut sembarangan. Jika pasien pernah memiliki penyakit diabetes atau darah tinggi, maka hal tersebut bisa saja malah berbahaya.

Kenapa berbahaya? Sebab jika pasien memiliki penyakit darah tinggi, maka pasien rentan mengalami pendarahan karena tekanan tinggi dari darah pasien. Dengan demikian, pasien biasanya yang diberikan obat pengencer darah, untuk sementara harus berhenti minum obat tersebut paling tidak satu minggu sebelum atau sesudah pencabutan gigi. Akan tetapi, untuk lebih jelasnya bisa dikonsultasikan dengan dokter jantung pasien.

Sedangkan untuk pasien yang memiliki penyakit diabetes, maka selain bisa saja mengalami infeksi, luka bekas cabutan gigi mungkin akan lama sekali sembuh dan bisa juga mengalami infeksi. Hal tersebutlah yang membuat cabut gigi bisa berakibat fatal.


Apalagi jika pasien tidak mau jujur untuk memberi tahu penyakit yang pernah diderita, atau pasien lupa atau tidak tahu penyakit apa saja yang pernah dia derita. Kasus-kasus seperti inilah yang kadang membuat dokter kena imbasnya, mendapatkan informasi yang salah dari pasien hingga akhirnya operasi cabut giginya malah menjadi masalah. Dengan demikian, sebelum mencabut gigi, maka pasien harus mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Pasien dengan Penyakit Kanker dan Habis Operasi Besar

Termasuk jika pasien sedang menjalani perawatan kanker atau baru saja menjalani operasi jantung. Maka, pasien dilarang mencabut gigi karena hal tersebut bisa berakibat fatal. Jika pasien menjalani perawatan kanker dengan penyinaran, maka pasien tidak boleh mencabut gigi selama 5 tahun. Jika ada gigi yang berlubang dan busuk, lebih baik diobati atau diperbaiki dahulu sebelum pasien melakukan penyinaran untuk menghindari osteoradionekrose.

Baca juga : Cara Mencabut Gigi

Dengan demikian, jika Anda berniat untuk mencabut gigi, maka langkah terbaik yaitu berkonsultasilah dengan dokter gigi. Dokter gigi akan memberikan saran dan solusi untuk gigi Anda dan apa saja yang harus Anda lakukan. Jika gigi Anda sakit, hindarilah mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit. Sebab obat penghilang rasa sakit hanya berfungsi untuk mengurangi rasa sakit, bukan untuk mengobati Gigi Anda. Jadi, dokter ada untuk melayani Anda. Akhir kata, semoga akhir pekan Anda menyenangkan. :)


Written by PakarGIGI.com
Benarkah Mencabut Gigi itu Berbahaya? Bahasan Benarkah Mencabut Gigi itu Berbahaya? yaitu : Sakit gigi itu tidak enak, apalagi kalau gigi sudah berlubang . Mungkin ada yang iseng bertanya, benarkah cabut gigi itu berbahaya dan bi...
Published at Mei 02, 2015, Updated at Mei 02, 2015
Reviewed by dr. Suwandono on
Rating: 4.6