Premium Tips : Cara Mencegah Gigi Berlubang ≫ PakarGIGI.com!

Premium Tips : Cara Mencegah Gigi Berlubang

Posted by PakarGIGI.com on April 15, 2015

Gigi kroak atau gigi berlubang bukan hanya membuat gigi terasa sakit, akan tetapi juga bisa membuat kantong kita juga sakit. Kenapa pasal? Karena pengobatan gigi berlubang tidak sedikik menguras biaya, akan tetapi gigi kita tidak akan pernah benar-benar sembuh sebagaimana sedia kala. Apalagi jika pengobatannya hingga saluran akar gigi, tentu biaya yang dikeluarkan akan lebih besar lagi. Berikut ini adalah tips agar kerusakan gigi Anda tidak merembet pada gigi yang masih bagus.
tips dan cara menghindari gigi berlubang - gosok gigi
Gambar : Anak menggosok gigi sambil terbang. Jika ada gambar yang kurang jelas, silakan diklik untuk memperbesar.

Biasakanlah Menyikat Gigi


Tips yang satu ini merupakan tips yang susah-susah gampang untuk dikerjakan. Sebab kebiasaan menyikat gigi tidak serta-merta terjadi dalam waktu semalam. Butuh latihan dan konsistensi untuk membiasakan diri meyikat gigi secara teratur. Entah bagaimana caranya, yang pasti Anda harusa sadar bahwa menyikat gigi merupakan hal yang sangat urgen apabila Anda sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis atau makanan yang sering membuat mulut terasa kecut. Kenapa demikian?

Makanan yang mengandung pati dan glukosa merupakan santapan empuk bagi bakteri dan kuman di dalam mulut.  Apabila tidak segera dibersihkan, maka sisa makanan tersebut akan diurai oleh bakteri sehingga menghasilkan asam dan asam inilah yang nantinya akan menjadi plak gigi dan membuat gigi kita rapuh dan berlubang. Asam tersebut akan mengikis enamel pada gigi dan membuatnya mudah berlubang. Oleh sebab itu, menyikat gigi selain berguna untuk membersihkan gigi dari sisa makanan, secara tidak langsung juga berguna untuk membersihkan bakteri yang ada dalam mulut.

Jangan lupa untuk menggunakan sikat gigi yang pas dan pasta gigi yang sesuai. Sikatlah gigi setidaknya 2 hingga 5 menit minimal pada pagi dan sebelum tidur. Akan lebih maksimal apabila Anda merutinkan menyikat gigi setelah makan atau setelah ngemil. Tapi jangan menyikat terlalu keras, karena mungkin ada bagian gigi Anda yang sudah rapuh dan ada bintik-bintik lubang yang siap pecah ketika Anda menyikat terlalu keras.

Baca juga : Obat Herbal untuk Gigi Berlubang

Kebiasaan Pola Makan & Minum


Makanan yang manis dan lengket merupakan ancaman pada gigi Anda. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, makanan manis akan membuat bakteri berpesta pora dalam mulut dan sela-sela gigi Anda. Jika Anda terbiasa mangonsumsi makanan atau minuman manis, iringi dengan kebiasan menyikat gigi. Sebab, semakin lama sisa makan berada di sela-sela gigi, maka potensi kerusakan gigi Anda semakin besar.

Jika tidak memungkinkan untuk menggosok gigi setelah makan, usahakan minimalisir makan dan minuman yang manis-manis. Coba makan makanan yang tidak mengandung gula dan tidak lengket, jika makanan lengket, bisanya lebih susah dibersihkan. Dengan demikian, menghindari makanan manis bisa jadi sekaligus melancarkan program diet yang Anda jalankan. Sekali mendayung, dua pulau terlampaui.

Gunakan Sedotan Jika Minum Minuman yang Manis


Berbeda dengan makanan, minuman sangat cepat memasuki sela-sela gigi sebab minuman berbentuk cair. Jika Anda tidak ingin repot-repot menyikat gigi setelah minum-minuman yang manis, Anda bisa menggunakan sedotan. Dengan sedotan, makan minuman bisa langsung dialirkan ke tenggorokan tanpa melalu sela-sela gigi. Dengan demikian, Anda bisa minum sepuasnya tanpa kawatir ada cairan yang masuk ke sela-sela gigi.
tips dan cara menjaga gigi tidak berlubang - pakai sedotan
Gambar : Cewek bengong sambil nyedot minuman

Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Flouride


Terlepas dari efek samping dan kontroversi tentang flouride, flouride terbukti membuat gigi lebih kuat dan mencegah gigi berlubang. Flouride akan membuat lapisan pada gigi dan mencegah plak gigi menempel, dengan demikian gigi akan terlindungi. Hampir semua pasta gigi dan obat kumur mengandung flouride. Bahkan di negara barat, flouride dicampurkan pada air minum. Entah apa maksudnya, yang pasti kebijakan tersebut mengundang protes karena flouride biasanya digunakan oleh ahli senjata untuk membuat bom atom.

Saran kami, gunakan pasta gigi atau obat kumur ber-flouride secukupnya dan jangan sampai tertelan.

Bersihkan Sela-sela Gigi dengan Benang Gigi (Floss), bukan Tusuk Gigi.


tips dan cara menjaga gigi tidak berlubang - pakai benang gigi
Gambar : benang gigi

Benang gigi adalah alternatif ketika sikat gigi tak mampu membersihkan sela-sela gigi. Hanya saja, sebagian orang mungkin belum terbiasa (atau belum tahu) menggunakan benang gigi karena membutuhkan banyak waktu untuk melakukannya. Penggunaan benang gigi akan efektif membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip dan terjepit di antara gigi. Ketika sisa makanan tersebut tidak dibersihkan, maka lambat laun akan menjadi karang gigi dan membuat gigi Anda berlubang. Lalu bagaimana dengan tusuk gigi?

Tusuk gigi agak berbeda fungsinya jika dibandingkan dengan benang gigi. Tusuk gigi tidak cocok untuk membersihkan sisa makanan yang ada di sela-sela gigi karena strukturnya yang keras bisa 'menggeser' gigi atau melukai gusi. Tusuk gigi lebih cocok jika digunakan untuk mengorek sisa makanan yang masuk pada gigi yang berlubang. Jika tidak ada benang gigi, kadang benang jahit pun bisa digunakan untuk membersihkan sela-sela gini walau hal tersebut tidak disarankan.

Saran kami, jika tak ada benang gigi, lebih baik gunakan benang jahit daripada tusuk gigi. :D

Periksa Gigi Anda secara Teratur ke Dokter Gigi


Pemeriksaan gigi secara teratur pada dokter gigi dilakukan enam bulan sekali. Pemeriksaan tersebut sekaligus sebagai perawatan rutin bagi gigi Anda. Biasanya dokter akan mengetahui bagaimana kondisi gigi Anda dan apa yang harus dilakukan. Umumya, dokter akan membersihkan karang gigi atau memeriksa gigi Anda yang sudah berlubang. Dengan demikian, bagian-bagian yang tidak bisa Anda bersihkan dengan menyikat gigi akan menjadi tugas dokter untuk membersihkan bagian-bagian tersebut dengan peralatan-peralatan yang tentu tidak Anda miliki di rumah.

Akhirnya, tetaplah jaga gigi Anda sebab gigi adalah aset di hari tua. Betapa bahagianya ketika rekan-rekan Anda sudah ompong, sementara Anda masih bisa mengunyah jagung goreng dengan santainya. Maka, mari jaga gigi kita sedini mungkin, dan selamat berakhir pekan. :)


Written by PakarGIGI.com
Premium Tips : Cara Mencegah Gigi Berlubang Bahasan Premium Tips : Cara Mencegah Gigi Berlubang yaitu : Gigi kroak atau gigi berlubang bukan hanya membuat gigi terasa sakit, akan tetapi juga bisa membuat kantong kita juga sakit. Kenapa pasa...
Published at April 15, 2015, Updated at April 15, 2015
Reviewed by dr. Suwandono on
Rating: 4.6