Gigi Anda Kuning? Begini Cara Memilih Obat Pemutih Gigi ≫ PakarGIGI.com!

Gigi Anda Kuning? Begini Cara Memilih Obat Pemutih Gigi

Posted by PakarGIGI.com on April 08, 2015

Keindahan gigi memberikan daya tarik tersendiri bagi penampilan Anda. Lalu bagaimana jika gigi Anda terlanjur kuning? Adakah obat alami atau buatan untuk memutihkan gigi? Obat pemutih seperti apa yang perlu Anda beli? Hal tersebut hampir menjadi permasalahan banyak orang. Mari kita sedikit kupas tentang tips membeli obat pemutih gigi yang pas untuk Anda.
tips memilih obat pemutih Gigi Anda Kuning? Begini Cara Memilih Obat Pemutih Gigi
Gambar cara memilih obat pemutih gigi

Gigi akan menjadi kuning jika kita jarang gosok gigi atau karena sering mengkonsumsi makanan-makanan yang mudah menjadi asam. Ingat, pada beberapa artikel sebelumnya kita sudah membahas karang gigi yang diakibatkan oleh plak gigi. Sebenarnya bukan warna putih gigi yang memudar, akan tetapi putihnya gigi dikotori dengan zat-zat kuning akibat sering merokok, minum kopi, atau karena tidak membersihkan mulut setelah makan. Itu masalahnya!

Gigi Anda akan menjadi putih apabila Anda rajin gosok gigi dan menjaga kebersihan mulut. Eh, maaf, kok malah jadi marah-marah begini :D . Lalu bagaimana jika sudah terlanjur kuning? Beberapa pasta gigi yang beredar di pasaran kini banyak yang menawarkan bahan pemutih gigi, akan tapi apakah efektif untuk memutihkan gigi kita? Efektif atau tidaknya pasta gigi dalam memutihkan gigi tergantung dari keteraturan kita dalam menggosok gigi dan tingkat kepudaran dari gigi kita.

Kedua tips di bawah ini hanya bersifat saran, sehingga seluruh keputusan tetap sesuai dengan kebutuhan dan 'keyakinan' pembaca. Hanya saja, dengan kedua tips ini paling tidak pembaca bisa membayangkan atau memilah-milah apa saja yang penting dan tidak penting dalam pencarian obat pemutih yang pas dan tidak mengecewakan.

Baca juga : Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi & Mulut

Pilihlah Obat Pemutih dengan Bahan yang Sesuai

Maksudnya, pemutih gigi ada yang dibuat dengan bahan alami, ada juga yang dibuat dengan bahan kimia. Jika Anda bermaksud untuk memilih pemutih yang dibuat dengan bahan kimia, lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter gigi terlebih dahulu untuk mengetahui efek samping yang mungkin ditimbulkan. Karena bisa saja gigi Anda putih cemerlang, akan tetapi akan berdampak kurang baik terhadap kesehatan mulut atau bagian tubuh lainnya. Jika Anda bermaksud untuk memilih yang herbal atau alami, pastikan juga pemakaiannya tidak terlalu berlebihan. Sebab, walaupun bahan yang kita gunakan alami, akan tetapi tetap akan memiliki efek samping. Sebab, yang alami pun sebenarnya merupakan bahan kimia, hanya saja kimianya bukan kimia buatan manusia.

Baca juga : Tips Lengkap : Cara Memilih Pasta Gigi yang Bagus

Anda lebih Suka Obat Kumur, Pasta Gigi, Atau Gel?

Pemutih gigi tidak hanya ada pasta gigi, ada juga obat pemutih yang bentuknya cair dan cara penggunaannya dengan berkumur pada waktu-waktu tertentu. Ada juga yang bentuknya gel yang pemakainnya juga dengan cara dan pada waktu-waktu tertentu. Jika Anda termasuk orang yang super sibuk, hal ini bisa jadi pertimbangan apakah Anda lebih nyaman dengan obat kumur, gel, atau pasta gigi.

Kalau tidak merepotkan, selain ketiga pilihan di atas, ada juga yang berbentuk serbuk. Yang paling umum tapi merepotkan, misalnya batu bata. :D Anda bisa menggerus batu bata untuk memutihkan gigi, hanya saja butuh waktu luang yang cukup banyak dan tentuk kurang efektif apabila Anda lebih banyak beraktivitas di ruang publik. Atau, mungkin Anda bisa membawa gerusan batu bata kemanapun Anda pergi, hehe. Ini ide konyol. Intinya, pilihlah bahan pemutih yang pas untuk kesibukan dan aktivitas Anda.

Sesuaikan dengan Anggaran yang Anda Investkan

Banyak sekali obat pemutih gigi di pasaran, dari yang berharga ribuan sampai dengan yang jutaan. Anda harus jeli dalam memilih, selaraskan antara kebutuhan dan kemampuan anggaran yang Anda sediakan. Pemutih berbahan alami mungkin lebih mudah didapatkan dan lebih murah, tapi kemampuannya dalam memutihkan tidak secepat bahan kimia.

Contoh, Selotip Pemutih merupakan Cara yang paling mudah dan murah untuk memutihkan gigi. Dengan cara ini kita tidak menghilangkan warna pudar yang ada pada gigi kita tapi kita hanya menutupinya dengan selotip. Cara memutihkan seperti ini tidak efektif dan hanya bersifat temporer saja, dengan cara seperti ini putih gigi hanya bertahan kurang lebih tiga bulan saja. Ada juga dengan menggunakan Laser, cara memutihkan gigi seperti ini merupakan cara yang paling maksimal untuk mengembalikan warna putih gigi. Dengan menggunakan laser gigi yang sudah memudar warna putihnya akan dikembalikan menjadi putih secara permanen. Sehingga keawetan dan hasilnya sudah pasti lebih baik. Tapi anggaran yang kita butuhkan juga cukup besar untuk mendapatkan hasil maksimal tersebut.

Sebelum terlanjur lebihn baik kita menjaga kondisi gigi kita agar selalu terlihat putih bersih jauh dari warna pudar. Dengan menjaga dan mengontrol pola makan kita akan menjadikan gigi tetap putih dan bersih.


Written by PakarGIGI.com
Gigi Anda Kuning? Begini Cara Memilih Obat Pemutih Gigi Bahasan Gigi Anda Kuning? Begini Cara Memilih Obat Pemutih Gigi yaitu : Keindahan gigi memberikan daya tarik tersendiri bagi penampilan Anda. Lalu bagaimana jika gigi Anda terlanjur kuning? Adakah obat alami a...
Published at April 08, 2015, Updated at April 08, 2015
Reviewed by dr. Suwandono on
Rating: 4.6