Plak Gigi (Karies) Penyebab Gigi Berlubang ≫ PakarGIGI.com!

Plak Gigi (Karies) Penyebab Gigi Berlubang

Posted by PakarGIGI.com on Januari 02, 2015

Gigi berlubang disebabkan karena bakteri yang melakukan fermentasi di dalam mulut, menghasilkan asam dan plak gigi (karies gigi).
penyebab gigi berlubang dan obat sakit gigi berlubang
Gambar gigi berlubang dan patah
Hampir semua orang merasakan sakit gigi, salah satu yang banyak dijumpai adalah gigi berlubang. Cara menyembuhkan sakit karena gigi berlubang pun bermacam-macam caranya, hanya saja dalam artikel ini kami tidak akan membahas tentang cara menyembuhkan sakit gigi berlubang atau membahas obat sakit gigi berlubang. Anda bisa membaca materi tersebut pada artikel lainnya di website ini.

Penyakit gigi berlubang disebabkan karena kerusakan pada gigi, kerusan gigi merupakan sebuah proses yang terjadi dari waktu ke waktu dan tidak tiba-tiba, kecuali karena kecelakaan. Gigi berlubang bisa terjadi karena bakteri yang ada di mulut dan merusak permukaan yang keras (enamel) gigi Anda. Sakit gigi sangat membuat kita tidak nyaman. Dalam tulisan ini kami bermaksud untuk menjelaskan bagaimana proses terjadinya gigi berlubang yang disebabkan karena bakteri yang ada dalam mulut kita.

Baca juga:
1. 7 Penyebab Kerusakan Gigi Berlubang
2. 6 Cara Memutihkan Gigi yang Sudah Kuning

Ketahuilah bahwa dalam mulut kita terdapat berbagai jenis bakteri, biasanya bakteri tersebut bermanfaat untuk membantuk kita dalam mencerna makanan. Jika sisa makanan dalam mulut kita tidak tidak dibersihkan, maka mulut kita akan terasa asam karena karbohidrat sisa makananan di mulut kita sudah dirubah menjadi asam oleh bakteri. Gabungan antara asam, air liur, dan partikel makanan yang tidak dibersihkan akan mementuk plak pada gigi.

Jika kita mencoba untuk menempelkan lidah kita pada salah satu permukaan gigi, maka kita akan merasakan bahwa ada semacam lapisan yang lengket ke gigi. Jika plak sudah bretumpuk, dia akan mengeras sehingga orang kadang menyebutnya karies gigi. Selanjutnya karies gigi akan ditinggali oleh bakteri. Karena itu, maka karies gigi jika kita korek mempunyai bau yang khas dan sangat tidak enak. Kandungan asam pada plak gigi akan menggerus enamel gigi. Enamel merupakan lapisan terluar gigi. Enamel akan mengalami pengikisan karena asam dan menyebabkan lubang kecil pada gigi.

Ketika bakteri dan asam dalam mulut masuk ke dalam lubang pada gigi tersebut, maka asam akan mengikis lebih banyak sehingga lubangnya akan semakin dalam dan bertambah besar hingga lapisan enamel gigi rusak. Selanjutnya asam dan bakteri yang ada di mulut akan sampai pada lapisan gigi yang tidak terlalu kuat yang disebut dengan dentin gigi. Dentin gigi lebih empuk dan lebih rapuh daripada enamel, sehingga dentin gigi kurang tahan terhadap asam daripada enamel.

Gambar proses rusaknya gigi berlubang karena karies gigi sakit gigi
Gambar proses rusaknya gigi berlubang karena karies gigi

Apabila asam dan bakteri sudah mencapai pada lapisan dentin gigi, selanjutnya asam dan bakteri tersebut akan masuk lebih dalam lagi ke dalam lapisan gigi yaitu lapisan yang disebut pulpa. Dalam pulpa terdapat saraf-saraf gigi dan beberapa pembuluh darah. Oleh karena ini, ketika luang sudah sampai pada lapisan ini, gigi rentan sakit dan mengeluarkan darah. Pulpa yang bengkak bisa jadi sangat menyakitkan.

Baca juga:  5 Bahan Alami untuk Obat Sakit Gigi Berlubang

Proses kurasakan gigi akan juga merusak tulang pendukung gigi atau pasak gigi. Ketika lubang gigi sudah sampai pada pulpa dan menyebabkan gusi bengkak, maka kerusakan jenis ini dikategorikan sebagai kerusakan gigi berlubang yang sudah parah. Selain dapat mengeluarkan darah, bisa jadi gigi juga akan mengeluarkan nanah sebagai tanda bahwa tubuh kita sedang mengirimkan sel-sel darah putih untuk membunuh kuman yang menginfeksi gigi.

Kesimpulannya, sering-seringlah membersihkan gigi plak gigi dengan menyikat gigi hingga bersih setelah makan atau sebelum tidur. Jangan lupa juga untuk pergi ke dokter gigi guna memeriksa kesehatan gigi Anda. Jika gigi kita sehat, kita tidak akan merasakan sakit gigi berlubang dan juga tak perlu lagi mencari obat sakit gigi berlubang karena kita bisa membiasakan diri untuk membersihkan dan merawat gigi dengan baik.

Referensi: Plak Gigi: Senjata Bakteri Membuat Gigi Berlubang


Written by PakarGIGI.com
Plak Gigi (Karies) Penyebab Gigi Berlubang Bahasan Plak Gigi (Karies) Penyebab Gigi Berlubang yaitu : Gigi berlubang disebabkan karena bakteri yang melakukan fermentasi di dalam mulut, menghasilkan asam dan plak gigi (karies gigi). Gamb...
Published at Januari 02, 2015, Updated at Januari 02, 2015
Reviewed by dr. Suwandono on
Rating: 4.6