Obat Sakit Gigi Berlubang untuk Ibu Hamil ≫ PakarGIGI.com!

Obat Sakit Gigi Berlubang untuk Ibu Hamil

Posted by PakarGIGI.com on Januari 29, 2015

Mencari obat sakit gigi berlubang untuk ibu hamil memang gampang-gampang susah. Ada beberap resep tradisional maupun resep yang sering direkomendasikan oleh dokter.
Obat Sakit Gigi Berlubang untuk Ibu Hamil konsultasi ke dokter
Gambar ibu hamil berkonsultasi ke dokter

Sakit gigi merupakan penyakit segala usia, artinya sakit ini dapat menyerang siapa saja mulai dari anak-anak hingga dewasa, begitu juga dengan ibu hamil dan menyusui. Sebaiknya kita jangan menyepelekan sakit gigi karena dapat membuat rutinitas harian kita sangat terganggu, dari sisi konsentrasi hingga emosional. Apalagi bagi ibu yang sedang mengandung, penyakit ini tak kalah mengganggu. Jika keliru dalam mengkonsumsi obat, bisa jadi dapat mengakibatkan terjadinya kelahiran bayi prematur hingga keguguran.

Ibu hamil dengan kondisi gigi yang berlubang dan mengalami kerusakan parah bisa merangsang keluarnya hormon prostaglandin. Hormon ini dapat merangsang kontraksi pada rahim sehingga apabila kontraksi ini terus-menerus, maka kelahiran prematur atau keguguran dapat terjadi. Hal ini tidak hanya berbahaya bagi si janin, tetapi juga berbahaya bagi sang ibu.

Dalam kenyataannya, banyak ibu hamil yang mengeluhkan rasa sakit giginya ketika sedang hamil. Hal tersebut juga disebabkan karena adanya perubahan hormonal. Perubahan hormon yang di alami oleh ibu hamil dapat menyebabkan gusi menjadi lebih lunak sehingga dapat memicu terjadinya peradangan gusi. Khususnya bagi ibu hamil yang memiliki kondisi gigi dan mulut yang tidak di rawat dan di bersihkan dengan baik, atau giginya berlubang. Penyebab-penyebab sakit gigi lainnya pada ibu hamil akan sedikit dibahas pada tulisan berikutnya.

Baca juga : Pentingnya Perawatan Gigi dan Mulut untuk Ibu Hamil

Penyebab Sakit Gigi yang Dialami oleh Ibu Hamil

Umumnya pada trimester pertama ibu hamil akan sering mengalami mual dan muntah. Hal ini akan menyebabkan kelebihan air liur di dalam mulut. Apabila ibu hamil tidak rajin berkumur dan menyikat gigi, maka bakteri dan kuman di dalam mulut dan di sela-sela gigi akan lebih mudah tumbuh. Bakteri-bakteri ini akan melakukan "fermentasi" pada sisa makanan sehingga mulut akan mudah bau karena adanya jamur. Dengan ini juga ibu hamil akan rentan terkena sariawan. Oleh sebab itu, rajin-rajinlah berkumur dan menyikat gigi khususnya pagi, malam, dan setiap selesai makan.

Jumlah dan aktivitas bakteri akan meningkat pada malam hari karena air liur dan mulut kita tidak lagi beraktivitas. Hal ini ditandai dengan bau mulut di pagi hari yang disebabkan oleh hasil aktivias bakteri dalam mengurai sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi. Sisa makanan akan diproses oleh bakteri sehingga menghasilkan asam, sehingga pagi hari mulut kita selain bau, biasanya juga terasa asam yang menandakan kadar keasaman mulut kita meningkat. Asam inilah yang nantinya akan menimbulkan karies gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Baca juga : Obat Sakit Gigi Berlubang untuk Ibu Menyusui

Memilih Obat Sakit Gigi Berlubang untuk Ibu Hamil

Ibu hamil yang sedang sakit gigi, entah karena gusi bengkak atau karena gigi berlubang, memang akan sangat repot sekali dalam memilih obat. Hal ini disebabkan adanya janin di dalam perut ibu yang sedang hamil. Dalam masa kehamilan ini sang ibu tidak boleh mengkonsumsi obat-obatan dengan sembarangan karena efek dari obat tersebut bisa jadi sangat fatal bagi sang janin bahkan salah-salah bisa menyebabkan keguguran seperti yang telah disampaikan sebelumnya.

Pemakaian obat yang ada di toko kelontong dan apotik tanpa adanya resep dari dokter sangat tidak dianjurkan. Pemakaian obat-obatan buatan tanpa adanya resep dokter lebih baik dihindari demi keamanan si janin. Jika itu dilakukan, konsumsi obat yang tidak tepat bisa jadi akan membuat janin mengalami cacat atau kelainan. Misalnya, kelainan jantung pada bayi kadang disebabkan konsumsi obat yang keliru. Sehingga, berhati-hati dan telitilah sebelum mengkonsumsi obat.
Obat Sakit Gigi Berlubang untuk Ibu Hamil periksa ke dokter
Ibu hamil sedang memeriksakan gigi ke dokter

Obat-obatan tradisional yang direkomendasikan untuk ibu hamil yaitu seperti minyak cengkeh, bawang putih, dan beberapa bahan alami lainnya yang bisa Anda baca di 5 Bahan Alami untuk Obat Sakit Gigi Berlubang. Selain bahan-bahan alami tersebut, dokter umumnya menyarankan obat-obatan yang ada di pasaran seperi amoxilin, parasetamol, panadol biru, jeli gamat, dan pasta herbal. Obat-obatan tersebut telah melalu proses yang benar dan dianjurkan oleh dokter. Akan tetapi, tetap konsumsi sesuai dengan resep atau takaran yang sudah ditentukan. Sebab sesuatu yang baik jika digunakan berlebihan, hasilnya belum tentu akan lebih baik.

Baca juga :
1. Plak Gigi (Karies) Penyebab Gigi Berlubang
2. 7 Penyebab Kerusakan Gigi Berlubang


Ada beberapa tips untuk merawat gigi dan mengurangi sakit gigi untuk ibu yang sedang hamil:
  • Rutinlah menggosok gigi, minimal dua kali sehari, yaitu pagi dan sebelum tidur.
  • Gosoklah gigi dan berkumurlah setiap selesai makan, minum, atau nyemil makanan kecil.
  • Rutinlah melakukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi di awal kehamilan dan saat hamil.
  • Gunakanlah pasta gigi yang membuat mulut lebih segar.
  • Segeralah berkumur-kumur ketika muntah dengan air hangat. Jika merasa tidak puas berkumur hanya dengan air hangat, Anda bisa berkumur dengan obat kumur hingga mulut Anda merasa nyaman.
  • Gunakan dental floss jika ada makanan yang belum bersih atau terselip di gigi.
  • Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis.
  • Lebih banyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium.

Semoga tulisan Obat Sakit Gigi Berlubang untuk Ibu Hamil bermanfaat dan gigi Anda segera sembuh. Kami doakan semoga bayi yang masih di dalam kandungan juga sehat dan lahir dengan selamat sesuai harapan orang tua, amin.


Written by PakarGIGI.com
Obat Sakit Gigi Berlubang untuk Ibu Hamil Bahasan Obat Sakit Gigi Berlubang untuk Ibu Hamil yaitu : Mencari obat sakit gigi berlubang untuk ibu hamil memang gampang-gampang susah. Ada beberap resep tradisional maupun resep yang sering d...
Published at Januari 29, 2015, Updated at Januari 29, 2015
Reviewed by dr. Suwandono on
Rating: 4.6