Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi & Mulut ≫ PakarGIGI.com!

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi & Mulut

Posted by PakarGIGI.com on Januari 24, 2015

Daun sirih dapat menghilangkan bau mulut, mengobati gusi bengkak, dan beberapa keluhan sakit gigi. Selain itu, daun sirih juga berfungsi untuk mengobati sariawan.
Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi & Mulut obat sakit gigi berlubang
Anak kecil nginang daun sirih
Pernahkah Anda melihat nenek-nenek atau beberapa orang tua di desa sering mengunyah daun sirih? Bibir dan gigi mereka tampak merah bata. Akan tetapi ketika saya perhatikan ternyata gigi-gigi mereka kebanyakan masih utuh dan tak terlihat berlubang atau keropos. Kesehatan gigi dan mulut mereka terjaga oleh kandungan sirih yang setiap hari mereka kunyah.

Begitulah, sejak dulu masyarakat Indonesia biasa menggunakan daun sirih sebagai penguat gigi, obat untuk menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut dan sekaligus daun sirih dikenal sebagai antiseptik alami. Akan tetapi mungkin beberapa generasi muda sudah tidak menggunakan sirih untuk membersihkan gigi dan mulut karena sudah ada alternatif lain seperti pasta gigi dan obat kumur yang banyak di pasaran.

gambar daun sirih yang masih segar untuk kesehatan gigi dan gusi
Gambar daun sirih yang masih segar
Begitu banyak manfaat sirih untuk kesehatan kita. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim medis mengungkapkan bahwa mengunyah daun sirih dengan rutin dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi serta mencegah mulut dari aroma nafas yang tidak sedap. Selain itu, daun dan batang sirih juga bermanfaat untuk mengobati beberapa gangguan pencernaan, batuk, asma, dan sembelit. Sedangkan minyak esesial yang berasal dari daun sirih memiliki manfaat sebagai antiseptik yang dapat membunuh bakteri.

Baca juga:
1. 5 Bahan Alami untuk Obat Sakit Gigi Berlubang
2. 7 Penyebab Kerusakan Gigi Berlubang

Berkaitan dengan kemanfaatan sirih untuk kesehatan gigi dan mulut, dosen Bio Kimia & Toksikologi FMIPA & Pascasarjana IPB, Dr. Hasim DEA tertantang untuk membuktikan khasiat daun sirih secara ilmiah dengan penelitian yang bertujuan membandingkan efektivitas minyak atsiri daun sirih dengan senyawa fluoride. Ternyata pada konsentrasi yang sama, minyak atsiri daun sirih yang mengandung fenol dan kavikol terbukti sebagai antibakteri 3x lebih efektif daripada senyawa fluoride.

Minyak atsiri lebih efektif daripada flouride karena minyak atsiri mengandung fenol dan kavikol yang bersifat bakterisidal yang mampu membunuh bakteri. Sedangkan flouride hanya mampu menghambat perkembangan bakteri. Dengan demikian, minyak atsiri lebih bagus digunakan untuk menjaga kesehatan gigi, gusi, dan menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri. Penelitian lain juga telah membuktikan bahwa daun sirih memiliki manfaat anti bakteri, anti jamur, anti larva, anti diabetes dan anti inflamasi yang baik untuk kesehatan.
gambar anak muda cantik nginang daun sirih untuk mengobati sakit gigi
Anak muda nginang daun sirih
Untuk mendapatkan manfaat dari daun sirih bagi kesehatan gigi dan mulut kita, tentu tidak serta-merta kita harus mengunyah dan menelan daun sirih setiap hari. Jika kita kurang perhatian pada kebersihan daun sirih atau yang kita konsumsi berlebihan, hal ini bisa jadi akan memberikan efek negatif bagi tubuh kita. Jangankan daun sirih, air putih pun jika kita konsumsi berlebihan tentu akan menimbulkan masalah untuk tubuh kita.

Saat ini di pasaran sudah banyak produk-produk kesehatan yang berbahan baku daun sirih, misalnya pasta gigi daun sirih. Didukung dengan teknik menyikat gigi yang tepat, penggunaan pasta gigi berdaun sirih ini dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi. Hanya saja, tak ada salah jika sesekali kita mengunyah atau berkumur dengan rebusan daun sirih asli agar kita tidak terlalu dimanja dengan produk-produk siap pakai. Sekaligus untuk mengenalkan pada anak-cucu kita bahwa bahan-bahan untuk membuat pasta gigi ternyata ada di sekitar kita.


Written by PakarGIGI.com
Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi & Mulut Bahasan Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi & Mulut yaitu : Daun sirih dapat menghilangkan bau mulut , mengobati gusi bengkak , dan beberapa keluhan sakit gigi . Selain itu, daun sirih juga berfun...
Published at Januari 24, 2015, Updated at Januari 24, 2015
Reviewed by dr. Suwandono on
Rating: 4.6