Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Daun Sirih ≫ PakarGIGI.com!

Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Daun Sirih

Posted by PakarGIGI.com on Januari 24, 2015

Salah satu cara mengobati sakit gigi ada dengan mengunyah daun sirih. Selain untuk menjaga kesehatan gigi dan bau mulut, sirih juga berfungsi untuk mengurangi peradangan gusi. Ada beberapa cara dalam mengolah daun sirih agar kita dapat mengambil manfaatnya untuk kesehatan gigi dan mulut kita.
Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Daun Sirih
Gambar mahasiswi mengunyah daun sirih
Sebelumnya kita sudah membahas tentang apa saja manfaat daun sirih untuk kesehatan gigi dan mulut kita. Minyak atsiri yang terkandung dalam daun sirih merupakan zat yang berdaya antiseptik, antioksidan, antimikroba, dan antibakteri yang dapat membunuh beberapa macam bakteri didalam mulut. Kemampuan yang dimiliki minyak atsiri ini mampu mengurangi peradangan gusi yang disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan karang gigi. Mengunyah daun sirih merupakan salah satu cara mengobati sakit gigi sejak beberapa abad silam.

Baca juga: Plak Gigi (Karies) Penyebab Gigi Berlubang

Berdasarkan penelitian beberapa pakar, daun sirih merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai daya antibakteri paling tinggi terhadap jenis bakteri yang ada dalam rongga mulut seperti streptococcus viridans dan staphilocccus aureus. Dengan demikian daun sirih dapat membunuh bakteri yang dapat menyebabkan karang gigi, bakteri yang menyebabkan bau mulut, atau bakteri-bakteri lainnya yang berefek buruk pada kesehatan gigi dan mulut.

Aroma yang khas pada daun sirih akan terasa apabila daun ini diremas atau dikunyah karena beberapa kandungan zat kimia tertentu. Daun sirih segar mengandung banyak zat kimia diantaranya vitamin C, jodium, karbohidrat, kalsium, protein, lemak, air, tiamin, riboflafin, zat besi, kalsium, fosfor, tepung, glukosa, sukrosa, karoten dan minyak atsiri.


gambar daun sirih Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Daun Sirih
Gambar daun sirih
Selain untuk mengobati sakit gigi dan gusi bengkak, mengurangi bau mulut, daun sirih juga bisa digunakan untuk  mengobati sariawan. Untuk mendapatkan kandungan yang diperlukan, ada banyak cara untuk mengolah daun sirih. Berikut beberapa cara memanfaatkan daun sirih untuk mengobati dan menjaga gigi kita agar kita tidak sakit gigi. Berikut ini adalah beberapa metode / cara mengobati sakit gigi dengan daun sirih:

Baca juga:
1. 7 Penyebab Kerusakan Gigi Berlubang
2. 6 Cara Memutihkan Gigi yang Sudah Kuning

Merebus Daun Sirih

Siapkan 10-15 gram daun sirih dan direbus dengan 100 ml air putih kemudian menjadi rebusan sebanyak 75 ml. Berkumur dengan rebusan air daun sirih ini dapat mencegah perlekatan bakteri dan menghambat pertumbuhan bakteri sehingga pembentukkan karang gigi tidak terjadi dan keradangan gusi dapat dicegah. Cara ini adalah cara yang paling mudah dan paling murah.

Menyeduh Daun Sirih dengan Air Panas

Selain merebus, kita juga bisa menyeduhnya dengan air panas. Ambil daun sirih dan seduh dengan air panas. Setelah air terasa hangat, gunakan air tersebut untuk berkumur.

Mengunyah Daun Sirih

Kunyah! Ambil daun sirih, dicuci lalu langsung dikunyah dan dikumur-kumurkan di dalam mulut. Rasanya memang sangat getir di mulut atau di lidah tapi manfaatnya bisa dibuktikan karena ekstrak daun sirih yang dikunyah 100% langsung bereaksi di dalam mulut dan gigi dari pada ekstrak daun sirih yang dilarutkan ke dalam air.
gambar pemuda mengunya Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Daun Sirih
Gambar pemuna mengunyah daun sirih
Cara pertama dan kedua dilakukan apabila Anda tidak tahan terhadap rasa pahit atau getir ekstrak daun sirih. Akan tetapi, ketika daun sirih diseduh atau direbus, maka kandungannya akan berkurang sehingga khasiatnya akan berkurang. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan efek yang maksimal, gunakan cara yang ketiga, kunyahlah daun sirih dan dikumurkan di dalam mulut. Dengan begitu, kita akan mendapatkan kandungan daun sirih yang lebih banyak daripada ketika kita merebusnya.

Akhir kata, semoga cara mengobati sakit gigi ini bisa menjadi solusi untuk kesehatan gigi Anda. Selamat mencoba dan semoga gigi Anda segera sembuh. :)


Written by PakarGIGI.com
Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Daun Sirih Bahasan Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Daun Sirih yaitu : Salah satu cara mengobati sakit gigi ada dengan mengunyah daun sirih. Selain untuk menjaga kesehatan gigi dan bau mulut, sirih juga berfu...
Published at Januari 24, 2015, Updated at Januari 24, 2015
Reviewed by dr. Suwandono on
Rating: 4.6