6 Cara & Obat Pemutih Gigi Alami ≫ PakarGIGI.com!

6 Cara & Obat Pemutih Gigi Alami

Posted by PakarGIGI.com on Januari 02, 2015

Cara memutihkan gigi kuning relatif mudah. Ada beberapa bahan alami yang berfungsi sebagai obat pemutih gigi yang bisa ditemukan di sekitar kita.
6 Cara Memutihkan Gigi yang Sudah Kuning ilustrasi gigi kuning
Ilustrasi sesudah dan sebelum memutihkan gigi yang sudah kuning

Untuk mendapatkan gigi putih cemerlang kadang gampang-gampang susah. Sebab selain karena faktor kebiasaan, cara yang ditempuh juga harus aman dan benar. Jangan hanya ingin cepat putih, tapi cara yang dipakai malah akan menimbulkan resiko yang tidak diinginkan. Untuk muda-mudi yang masih lengkap dan bagus giginya, tolong dijaga agar tetap kuat dan tidak berlubang.

Cara untuk memutihkan gigi beragam, dari yang tradisional hingga yang menggunakan alat-alat "berat" yang ada di dokter gigi, dari yang menggunakan cara-cara tersentu hingga penggunaan obat pemutih gigi. Perlu diketahui bahwa penyebab gigi kuning bisa jadi karena makanan atau minuman yan kita konsumsi. Kemudian hal itu diperparah dengan didiamkan tanpa menyikatnya. Saat ini sudah banyak sekali produk-produk yang ada di pasaran yang fungsinya untuk memutihkan gigi. Tapi hati-hati, tidak semua yang berlabel "pemutih" juga bisa dipakai untuk memutihkan gigi. Beberapa merek sabun cuci dan pembersih porselen juga kadang berlabel pemutih. :)

Selain menggunakan produk obat pemutih gigi yang ada di pasaran, kita juga bisa menggunakan obat pemutih yang alami yang terdiri dari beberapa buah dan bahan tradisional di sekitar kita. Ingat, tradisional belum tentu kuno, dan yang dianggap modern belum tentu aman dan tak mempunyai efek samping. Beberapa solusi di bawah ini semoga membantu Anda dalam usaha untuk memutihkan gigi.

Baca juga: 5 Bahan Alami Obat Sakit Gigi

1. Makanlah Tebu

Aneh? Mungkin masih ada yang belum tahu bahwa tebu bisa memutihkan gigi. Tebu mungkin susah didapat kalau kita tinggalnya di kota. Para petani atau masyarakat desa yang biasa mengkonsumsi tebu biasanya memiliki gigi yang kuat. Hal tersebut disebabkan karena gigi mereka seakan disikan dengan serat-serat tebu. Umumnya gigi mereka kuat-kuat karena sudah "terlatih" untuk menggingit makanan-makanan yang relatif keras.

2. Gosok Gigi Anda dengan Kulit Lemon

Selain dengan tebu, Anda bisa memanfaatkan kulit lemon untuk membersihkan dan memutihkan gigi. Bagaimana caranya? Kupaslah buah lemon kemudian lepas dan pisahkan kulitnya. Gosokkanlah kulit lemon pada gigi Anda secara menyeluruh dalam kurun waktu lima menit. Setelah itu, sikat gigi sampai bersih menggunakan pasta gigi biasa.

3. Makanlah Keju untu Menambah Kalsium

Membiasakan makan keju setelah makan besar juga sangat baik untuk gigi. Keju dan beberapa produk susu lainnya seperti yoghurt, juga mengandung kalsium yang dapat memutihkan dan menguatkan gigi. Akan tetapi, ingat, putih atau kuningnya juga dipengaruhi oleh kebiasan kita sehari-hari.

Baca juga:  Cara Memilih Pasta Gigi

4. Stroberi Bagus untuk Gigi

Stroberi mengandung asam malat yang berfungsi untuk mengubah warna gigi menjadi lebih bersih dan putih. Akan tetapi, tidak disarankan mengkonsumsi stroberi terlalu sering, sebab kandungan asam dalam stroberi dapat merusak enemel gigi. Lalu bagaimana cara memutihkan gigi dengan stroberi? Caranya, hancurkan satu buah stroberi yang sudah matang kemudian gosok-gosokkan ke gigi. Setelah didiamkan selama 10 menit, lalu sikat bersih gigi dengan menggunakan pasta gigi.

6 Cara Memutihkan Gigi yang Sudah Kuning stroberi dijadikan pasta gigi
Stroberi yang dihancurkan untuk dijadikan pasta gigi

5. Sering Makan Buah dan Sayuran yang Renyah

Buah-buahan dan sayuran yang gigitannya renyah seperti buah apel, buah pir dan wortel bekerja seperti sikat gigi alami dan bisa memutihkan gigi. Buah-buahan dan sayuran-sayuran yang renyah tersebut dapat mengangkat dan menyapu noda lalu membersihkan gigi secara maksimal tanpa merusak enemel gigi. Makanlah buah dan sayuran setelah Anda makan besar. Cara ini sama dengan makan tebu, yaitu memanfaatkan buah atau makanan yang berfungsi untuk menyikat dan membersihkan gigi.

Baca juga : Cara Memilih Obat Pemutih Gigi

5. Gunakanlah Baking Soda

Yang terakhir adalah baking soda. Bahan ini sangat terkenal dan populer untuk memutihkan gigi. Baking soda mempunyai sifat yang dapat membersihkan dan menghilangkan noda pada permukaan gigi, seperti kerak dan warna kuning. Akan tetapi baking soda juga bisa merusak gigi. Seperti stroberi, baking soda tidak boleh terlalu sering dipakai untuk membersihkan gigi. Yang aman adalah satu atau dua bulan sekali. Bagaimana cara menggunakan baking soda? Caranya yaitu dengan menaburkan baking soda ke seluruh permukaan gigi kemudian didiamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, gosoklah gigi dengan sikat dan pasta gigi.


Written by PakarGIGI.com
6 Cara & Obat Pemutih Gigi Alami Bahasan 6 Cara & Obat Pemutih Gigi Alami yaitu : Cara memutihkan gigi kuning relatif mudah. Ada beberapa bahan alami yang berfungsi sebagai obat pemutih gigi yang bisa ditemukan di sek...
Published at Januari 02, 2015, Updated at Januari 02, 2015
Reviewed by dr. Suwandono on
Rating: 4.6