4 Tips Merawat Gigi yang Berlubang ≫ PakarGIGI.com!

4 Tips Merawat Gigi yang Berlubang

Posted by PakarGIGI.com on Januari 27, 2015

Tips merawat gigi yang sudah terlanjur berubang yaitu meliputi mencabut gigi, menambal gigi, menggunakan mahkota gigi, dan menyikat gigi setiap hari.
Tips Merawat Gigi yang terlanjur Berlubang Amalgam menambal gigi
Gambar Amalgam untuk menambal gigi berlubang

Mencabut Gigi yang Sudah Berlubang

Mencabut gigi yang sudah berlubang merupakan salah satu solusi untuk menghindari rasa sakit pada gigi dan gusi. Jika gigi berlubang, bisa jadi gigi dapat menjadi busuk begitu parah dan tidak dapat dikembalikan dengan pengobatan apapun, sehingga gigi ini harus dihilangkan. Setelah gigi dicabut, Anda bisa memasang gigi palsu atau menggunakan gigi pasangan yang ada di pasaran. Akan tetapi, lebih baik berkonsultasi dengan dokter gigi sehingga Anda mendapatkan solusi yang terbaik.

Baca juga: 7 Penyebab Kerusakan Gigi Berlubang

Menambal Gigi yang Sudah Berlubang

Menambal gigi berlubang yaitu menambalkan sesuatu yang dapat menggantikan gigi Anda pada area yang berlubang setelah kerusakan menjadi permanen. Tambalan pada gigi kadang kala disebut dengan istilah restorasi. Penambalan gigi yang sudah berlubang bisa menjadi pilihan dalam pengobatan gigi berlubang yang utama saat pembusukan pada lapisan enamel.

Ketika Anda pergi ke dokter gigi, maka dokter gigi akan mempelajari bagian yang membusuk pada gigi Anda. Setelah itu dokter akan mengisi lubang pada gigi dengan bahan tertentu sehingga bahan tersebut dapat mengembalikan bentuk gigi Anda. Tambalan pada gigi terbuat dari berbagai macam bahan, misal resin komposit, porselen, amalgan, atau kombinasi dari beberapa bahan lainnya.

Baca Juga:
1. Obat Sakit Gigi Berlubang untuk Ibu Hamil
2. Obat Sakit Gigi Berlubang untuk Ibu Menyusui

Perlu diketahui bahwa tambalan dari bahan amalgam yang berwana perak mengandung merkuri. Sehingga beberapa orang tidak suka menggunakan tambalan amalgam karena mereka kawatir akan efek samping pada kesehatan yang merugikan dari bahan bermerkuri tersebut. Akan tetapi, beberapa penelitian medis telah menunjukkan bahwa tambalan ini aman dan tahan lama walau beberapa peneliti tidak merekomendasikan bahan ini digunakan untuk menambal gigi yang berlubang.
Cara Merawat Gigi yang Sudah Berlubang
Gigi geraham atas yang sudah berluabng

Memasang Mahkota Gigi

Mahkota gigi adalah potongan gigi bagian atas yang akan dipasangkan pada gigi yang sudah berlubang, atau bisa juga gigi atas yang digunakan untuk menutup gigi yang berlubang. Berbeda dengan menambal gigi. Jika lubang gigi sudah melebar dan meluas, atau kekuatan gigi melemah, maka solusinya adalah memasang mahkota gigi. Dari pada menambal gigi, beberapa dokter kadang menyarankan untuk memasang mahkota gigi pada gigi berlubang.

Menyikat Gigi Setiap Hari

Cara merawat gigi berlubang yaitu dengan menyikat gigi Anda secara rutin setiap hari setelah makan atau minum-minuman manis. Sikat gigi Anda paling tidak dua kali sehari dan idealnya setiap setelah makan dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Untuk membersihkan sela-sela gigi, gunakan benang atau menggunakan pembersih interdental. Jika Anda tidak dapat menggosok gigi setelah makan, setidaknya cobalah untuk membilas mulut Anda dengan air, ini juga merupakan salah satu solusi gigi yang sudah berlubang.


Written by PakarGIGI.com
4 Tips Merawat Gigi yang Berlubang Bahasan 4 Tips Merawat Gigi yang Berlubang yaitu : Tips merawat gigi yang sudah terlanjur berubang yaitu meliputi mencabut gigi, menambal gigi, menggunakan mahkota gigi, dan menyikat gigi...
Published at Januari 27, 2015, Updated at Januari 27, 2015
Reviewed by dr. Suwandono on
Rating: 4.6